Selasa, 07 Juni 2011

Jaringan komputer

Jaringan computer adalah dua computer atau lebih yang dapat saling berhubungan atau berkomunikasi. Ada 6 macam jaringan yaitu:

a. PAN (Personal Area Network)
Jaringan PAN ialah suatu jaringan dari Komputer itu sendiri atau personal.
b. LAN (Local Area Network)
LAN (Local Area Network), ialah suatu jaringan yang hanya mencakup didalam satu ruangan saja (local)
c. MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN.

d. WAN (Wide Area Network)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas dapat mencapai jaringan antar benua atau antar negara.

• Intranet
jaringan Intranet merupakan gabungan dari jenis jaringan LAN, MAN dan WAN yang media penghubungnya melalui jalur INTERNET sehingga jangkauannya lebih luas, tetapi hanya dipakai oleh organisasi tertentu atau perusahaan tertentu saja.
• Internet
Internet adalah suatu jaringan yang sangat luas yang merupakan gabungan dari beberapa juta jaringan.

Komputer yang dipergunakan untuk membangun sebuah jaringan LAN adalah minimal ada 1 pc server dan 1 pc client. Komputer server adalah komputer yang dapat mengontrol semua sumber daya yang ada dalam komputer itu sendiri maupun.yang lain yang terkoneksi jaringan. Sedangkan komputer client adalah komputer yang dapat mengontrol semua sumber daya yang ada dalam komputernya saja.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger