Selasa, 07 Juni 2011

ROHIS

Apaan sih ”rohis”?
Tenang kawan! Di sini kita bakal ngasih tahu tentang rohis secara gamblang. Jadi, enggak usah tengok sana, tengok sini alias tanya-tanya ke orang yang enggak jelas. Lanjutin aja bacanya.
Pada umumnya, setiap SMA/SMK negeri ataupun swasta punya kegiatan ekstrakurikuler (ekskul). Jumlah ekskul di tiap SMA/SMK berbeda-beda. Bahkan, variasinya makin hari makin banyak aja.
Dari yang bersifat intelektual, kayak olimpiade dan karya ilmiah remaja, sampai yang mengandalkan kekuatan fisik, apalagi kalau bukan olahraga yang banyak macamnya dan benar-benar menguras tenaga.
Tapi, di antaranya juga ada ekskul yang bisa mengasah bakat kepemimpinan kita. Tentunya ini jenis ekskul organisasi, kayak OSIS, Pramuka, pecinta alam, atau organisasi lain yang hanya ada di sekolah kamu. Misal di SMK PGRI RANGKASBITUNG, ada English Club, semacam organisasi kecil yang masih berbentuk klub.
Coba kita berpikir sejenak. Ada enggak ya ekskul yang bisa mengasah dan mendukung minat dan bakat kita dalam segala hal? Dalam intelektual, kreativitas, dan kepemimpinan? Wah... kayaknya enggak ada deh. Eits! Tarik dulu ucapanmu! Ada lagi!
Ada kok, ekskul yang bisa mengasah segala kemampuan baik kita. Contohnya rohis, kerohanian Islam. Ekskul ini memang berasaskan Islam. Kesannya kaku ya? Hmm... kalian menganggapnya agak gimana gitu kan?
Sebenarnya enggak juga kok, biasa-biasa saja dan seperti ekskul lainnya, rohis menawarkan berbagai kegiatan dan kreativitas yang menarik sambil memperdalam pemahaman soal agama.
Lagian, generasi muda yang nantinya sukses pasti mengenal agamanya, mengenal bangsanya, juga mengenal dirinya. Bukannya malah foya-foya enggak jelas.
Apalagi kalau di antaranya ada yang pakai semboyan ”kecil dimanja, muda foya-foya, tua kaya-raya, mati masuk surga”. Aduh.... udah enggak zamannya kale pake semboyan kayak gitu! Mending langsung mengembangkan kemampuan kita, bukan cuma malas-malasan.

Kenapa kita bilang rohis bisa mengasah kemampuan kita, bakat kepemimpinan, dan sikap toleransi dengan baik? Jawabannya, simpel aja.
Pertama, karena pada dasarnya ekskul ini merakyat. Enggak ribet kalau mau daftar. Enggak kebanyakan syarat. Enggak menuntut kita mempunyai fisik yang atletis atau otak secerdas Einstein. Toh, semua orang punya bakat atau kemampuan masing-masing.
Kedua, kegiatannya bervariasi. Sesuai sama bakat dan minat kita. Misal aja nih, kita punya bakat dan minat untuk menulis, kita tinggal milih kerjaan yang sesuai buat kita. Kalau di rohis SMK PGRI RANGKASBITUNG kita bisa ambil bagian media yang ngurusin majalah, mading, dan sebagainya yang bersangkutan dengan jurnalistik.
Kalau di antara kita ada yang suka berpetualang di alam, di rohis juga ada kegiatan tafakur alam. Di kegiatan ini, kita dikenalin sama alam sekitar yang benar-benar indah sambil out bound dan game Islami lainnya. Masih ada lagi kegiatan lain, seperti seminar, bedah buku, dan bedah film.
Ketiga, kita jadi kenal sama teman-teman yang cocok sama minat kita. Teman yang bukannya menjerumuskan kita, tapi malah membangkitkan semangat. Teman yang ada di saat suka dan duka. Teman yang setiap kali kita teringat wajahnya, kita jadi ingat sama kata-kata mutiaranya, tegurannya, dan kata-kata penyemangatnya.
Pokoknya enggak bakal terlupakan deh masa SMA/SMK kita yang penuh warna. Apalagi kalau kita gabung di rohis, sampai lulus nanti masih ada hal-hal yang baik yang membekas di hati. Kata salah satu alumni kami, kepribadian pada masa dewasa itu kebanyakan terbentuk dari masa SMA/SMK.
Rasa tanggung jawab, pandangan hidup, dan tujuan hidup, semuanya bermula di masa peralihan ini. Di masa SMA/SMK kita yang bak pelangi karena memang penuh warna. Warna ”putih”, ”hitam”, bahkan ”abu-abu” karena sering kali kita selalu ragu. Tak bisa menilai mana yang benar, mana yang salah.
Itulah kenapa kita harus punya pembimbing, baik itu orangtua atau teman-teman yang bisa menunjukkan jalan menuju masa depan yang kita impikan. Salah satu cara untuk mendapatkan lingkungan yang mendukung kita adalah mencari teman di organisasi yang bagus dan penuh semangat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger